Ban merupakan bagian
kendaraan yang langsung bersentuhan dengan jalan.
Selain sebagai penopang
kendaraan dan segala isinya,
ban pun berfungsi sebagai penyerap kejutan (shock) oleh permukaan jalan. Sehingga diperlukan ban yang
terbaik dan terjamin mutunya, salah satunya ban keluaran dari pabrikan
multinasional, yaitu Dunlop.
Dibuat
secara serius dengan penelitian-penelitian dan didukung pabrik berteknologi
canggih membuat Dunlop menemukan inovasi dan penemuan terbaik yang pastinya
akan diterapkan di ban tubeless Anda. Misalnya teknologi teranyar dan
terpercaya dari Dunlop ialah High performance tyre system yaitu, Multi Tread dan Intuitive response profile.(baca: Apa Sih Ban Motor High Performance [link ke artikel ini])
Namun
selain memilih ban terbaik dan berstandard Internasional, Anda pun perlu
memperhatikan soal perawatan ban dan kendaraan Anda. Karena akan sia-sia jika
meski Anda memakai ban Dunlop sekalipun
tetapi jika tidak dirawat ban Anda pasti akan cepat mengalami kerusakan.
Kerusakan dan kehausan tapakban seringkali disebabkan
oleh dua hal. Pertama adalah faktor kondisi permukaan jalan dan cara berkendara Anda. Penyebab kedua ialah dari kendaraan itu
sendiri yang tentu kurang
sekali perawatan dari Anda.
Simak berikut
ini penyebab kerusakan pada ban Anda yang sering terjadi:
Kondisi permukaan
jalan. Kenapa begitu?
Karena memang kondisi permukaan jalan berpengaruh terhadap umur dari
ban. Jalanan berbatu pun aspal yang berlubang merupakan salah satu penyebab ban Anda rusak. Kerusakan ini berupa sobekan pada tapak
atau pada dinding ban. Kerusakan lainnya ialah putusnya benang nylon pada lapisan carcas ban, dengan ciri jelas adanya tonjolan
pada tapak ban. Hal ini pun
bisa dipengaruhi juga dengan cara Anda berkendara. Misalnya saja polisi tidur
sering dihajar tanpa mengurangi kecepatan, tetap tidak mengurangi kecepatan
saat berada di jalanan yang rusak dan tak rata.
Tekanan ban tidak
tepat. Setiap ban
pada kendaraan mempunyai spesifikasi nilai tekanan ban masing-masing. Tekanan ban yang tepat
membuat nyaman dan kehausan
ban jadi lebih merata.
Tekanan ban yang terlalu besar membuat tapak ban menjadi cembung. Hal ini
menyebabkan kehausan
yang lebih besar pada bagian tengan ban. Begitu pula sebaliknya saat tekanan ban
lebih rendah dari spesifikasi, tapak ban cenderung menjadi cekung. Kondisi ini
menyebabkan ban menjadi haus
pada bagian luar. Untuk itu penting menjaga tekanan ban agar selalu dalam
tekanan spesifikasi. Perawatan
berkala dan terkontrol baik adalah solusi yang tepat.
Geometri roda tidak
tepat. dapat
diartikan sebagai sudut
pemasangan ban pada hub (dudukan ban) terhadap garis vertikal. Geometri terdiri; camber,
caster,kingpin, toe, dan turning radius. Tiap jenis kendaraan mempunyai
spesifikasi geometri roda yang berbeda. Apabila kondisi geometri roda tidak
tepat, dapat menyebabkan kehausan
yang tidak merata pada ban. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan geometri roda
secara berkala. Istilah umumnya adalah spooring untuk kendaraan roda 4 atau lebih. Kalau untuk motor sering juga press
velg, press segitiga, atau Bahasa lainnya press pala babi.
Shock absorber lemah. Berfungsi untuk menyerap
kejutan yang diakibatkan oleh permukaan jalan. Shock absorber membuat pengendaraan jadi
lebih nyaman. Namun lambat
laun kemampuan shock absorber pasti menjadi lemah. Alhasil, kekuatan peredamannya (damping force) berkurang. Jika dibiarkan, dapat menyebabkan kehausan ban yang tidak merata.
Hal ini ditandai dengan permukaan tapak ban yang bergelombang. Cara agar kemampuan damping force kembali
prima tentu dengan ganti shock breaker-nya.
Kerusakan pada
steering linkage dan ball joint. Ini hanya ada pada kendaraan roda 4 ke atas. Ball joint
berfungsi untuk menopang beban kendaraan dan sebagai sumbu putar ketika roda
dibelokkan. Sedangkan steering linkage meneruskan gerakan dari roda kemudi ke
roda depan pada saat kendaraan dibelokkan. Ketika komponen tersebut mengalami
kehausan, gerak bebas
jadi membesar. Ini
menyebabkan gerak ban ikut menjadi longgar.
Beban yang berlebihan. Pada kode tiap ban terdapat load carrying capacity. Ini menunjukkan beban maksimal yang dapat
ditahan oleh ban tersebut. Mengangkut
beban melebihi nilai tersebut ialah sebab kekerusakan pada ban. Benang nylon pada lapisan
carcas ban dapat putus dan bisa terjadi pecah ban.
Nah, lantas
bagaimana cara meminimalisir masa waktu kerusakan ban Anda? Cukup sederhana,
perhatikan cara berkendara Anda dan selalu rawat kendaraan Anda dan lakukan
service dan control secara berkala sesuai jarak waktu yang tidak terlalu jauh.
Cukup dulu untuk sekarang, semoga bermanfaat. Selalu safe drive priority.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar